belajar Powerpoint

Microsoft PowerPoint adalah software yang dipakai untuk merancang bahan presentasi dalam bentuk slide. Menurut Susilana, PowerPoint merupakan program aplikasi presentasi dalam komputer. Dengan bantuan software tersebut, seseorang bisa membuat bentuk presentasi profesional dengan mudah dimana presentasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran.
Dennis Austin dan Bob Gaskins adalah dua orang yang pertama kali mengembangkan program ini. Kala itu, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai presenter oleh perusahaan Forethought, Inc. dan kemudian namanya diubah menjadi PowerPoint. PowerPoint menjadi aplikasi Microsoft Office yang paling banyak digunakan selain Microsoft Word dan Excel.
Fungsi Microsoft PowerPoint
Setiap program tentu diciptakan dengan tujuan yang jelas, tidak terkecuali PowerPoint. Program atau software ini mempunyai beragam fungsi dan manfaat, antara lain:
1.      Memudahkan pengguna mengatur materi yang hendak disampaikan.
2.      Membuat audience lebih gampang memahami materi presentasi karena hanya menampilkan poin-poin utama yang disuguhkan dalam bentuk slide.
3.      Membuat penyajian materi lebih berkesan, apalagi jika pengguna menambahkan animasi-animasi di dalamnya. Sebab, pada kasus yang sering ditemui, audience kurang fokus dan bosan apabila materi yang ditampilkan monoton.
Pengertian dan Kriteria Teks
Pengertian Teks
Teks dapat diartikan sebagai seperangkat tanda yang ditransmisikan dari seorang pengirim kepada seorang penerima melalui medium tertentu atau kode-kode tertentu (Alex Sobur, 2004: 53).
Menurut definisi ini, tanda lalu lintas, artikel di surat kabar, argument, dan novel semuanya merupakan teks yang berhubungan dengan kaidah genre-genre atau tipe teks tertentu semua genre yang disebutkan memiliki ciri-ciri linguistik tertentu, memenuhi fungsi tertentu dan terikat pada situasi-situasi pemroduksian dan penerimaan tertentu. Oleh sebab itu, terdapat kondisi-kondisi makna yang bersifat internal teks maupun eksternal teks yang akhirnya berhadapan dengan cara mendefinisikan dan menganalisis konteks ekstralinguistik (Stefan Titscher, 2009: 34-35).
Eriyanto dalam bukunya, Analisis Wacana, menyebutkan bahwa teks hampir sama dengan wacana, bedanya kalau teks hanya bisa disampaikan dalam bentuk tulisan saja, sedangkan wacana bisa disampaikan dalam bentuk lisan maupun tertulis (Eriyanto, 2001: 3).
Cara Menambahkan Teks di PowerPoint

Pada kebanyakan layout slide, anda akan memulai dengan text placeholders, yang merupakan kotak teks PowerPoint untuk menambahkan teks anda sendiri. 
  PowerPoint Text Placeholder Boxes
Klik di kotak teks yang tersedia dan tambahkan konten anda untuk bekerja dengan teks di PowerPoint.
Kotaknya mungkin muncul sebagai kotak teks kosong dengan isyarat seperti "Click to add title", atau pada presentasi PowerPoint pre-made berupa teks starter yang dapat anda ganti dengan konten anda sendiri. Dalam kedua kasus tersebut, klik di kotaknya dan tambahkan teks anda ke slide.
Tambahkan Text Box di PowerPoint
Jika anda ingin menambahkan lebih banyak teks di luar placeholder, maka anda dapat menambahkan kotak teks yang baru ke slide PowerPoint anda.
Untuk menambahkan kotak teks baru ke slide anda, pilih Insert > Text Box.
Insert Text Box in PowerPoint
Untuk menambahkan kotak teks yang benar-benar baru ke slide anda, pilih Insert > Text Box pada ribbon PowerPoint.
Sekarang, klik dan seret pada slide untuk menggambar di kotak teks anda. Saya ingin membuat kotak teks yang sedikit lebih besar daripada teks yang akan saya isi. Setelah kotak anda berada pada slide, ketik di dalamnya untuk menambahkan teks ke slide.

Comments

Popular posts from this blog

KETIKA SEORANG GUS KETIKUNG CINTA PART 4

sebuah cerita lucu

*MEREKA YANG MELAYANI “NAFSU” ORANG DEWASA*

KETIKA SEORANG GUS KETIKUNG CINTA

KARYA INOVATIF GURU