KETIKA SEORANG GUS KETIKUNG CINTA PART 4

KETIKA SEORANG GUS KETIKUNG CINTA
#4
Sehabis itu gus jalal.ramanda mu mengajari abah bagaimana bisa hafalan secara cepat dan kuat ingatannya.salah satunya meningkatkan peforma kerja otak dengan caraaaa...
ngopi dulu abah.(tiba2 suara nabila menghentikan cerita kyai hamam.wajah nabila terlihat lebih segar,habis wudhu mungkin) 
ngopi dulu abah.gus umam ,monggo dalem aturi ngopi rien.
injih2 matur nembah suwun neng nabila.
Nduuuuuk,nabila.kok kopi ne mung 2 tho nduk.lha gus jalale ngendi kopi ne? Tanya kyai hamam.
lho,gus jalal njih ngersa aken kopi tho bah ? wah nabila gak tahu kalo gus jalal juga suka ngopi.ucap nabila. 
nduk nduk nduk piye tho iki.kok kopinya di tinggal 1 di belakang .kata bu nyai yg tergopoh gopoh sambil membawa kopi 1 cingkir.
mboten pareng ngono tho nduk,kaliyan tamu njih harus hormat.apalagi kliyan guse,putro nipun romo kyai zidnan ali.
Maaf ya gus ,jangan di lebet aken ati.njih kados ngate niki nabila kalau lagi ngambek .
monggo2 sruput kopi ne gus,
bismillahirrohmannir rohim.sruuuuuuup.alhamdulillahirobbil 'alamin.ucap kyai hamam yg masih meresapi sisa2 kenikmatan sruputan kopinya.
Kacang gak ninggal lanjaran romo yai.begitupun gus jalal.kata gus umam.
lho,maksud e gus jalal iki yo dableg ngono tho gus.yai hamampun bertanya.
puol yai(gus umam memulai ceritanya).pas di pondok e abah,cuma 6 bulan aja.suatu saat niku,kalo tidak salah itu habis ngaji ba'da isya'.santri2 pada ngumpul di ruang dialog para santri.tiba2 gus jalal datang bawa pentol bakso besar2.sama bawa sambal yg sudah di kasih kecap.
Setiap 5 pentol bakso,di ganti sama rokok surya 3 batang.kontan semua santri tak terkecuali saya harus keluarkan 3 batang rokok surya untuk bisa nyicipi 5 pentol baksonya.alhamdulillah,baru sebentar saja ludes semua pentol oleh santri2 itu.ada kalo tidak salah 50an santri yi.
setelah semuanya bubar ,lalu saya tanya kepada gus jalal.
apa gak rugi gus ,beli pentol sebegitu banyak.
lalu guse niki jawab,alhamdulillah mboten kok gus umam.
lho.... kok bisa gus,aku tanya lagi kok bisa gak rugi.saya heran kyai,kok bisa gak rugi.
lalu guse niki,gus jalal niki.dengan entengnya menjawab,lha wong itu lho pentol baksonya cak man,tadi sore rombongnya guling di sebelah perempatan sana.pentol bakso ne kececeran . yo tak lelesi gus.eman2 .wong itu tadi yo wes di ikhlas no kok sama cak man.
ha ha ha suara tawa kyai hamam.
Yo ngono, yo ngono.kira2... ...besok besok kalo istrinya lagi kepengen makan bakso apa lagi nyidam bakso.apa yo arep nunggu rombong bakso guling dulu ,terus di lelesi pentole.hmmmm gus jalal ? Nabilapun bertanya dengan agak ketus.
hmmmmm.allohu a'lam neng nabila.jawab gus jalal ,yg masih dalam keadaan menunduk.
Lalu nabila pun bertanya,Lho kok,allohu 'alam gus ?? ya jenengan niku kedaheeeee....
wes tho nduk,wees....purik e sampun njih..mesake guse i lho nduk.ucap bu nyai dengan lembutnya.
ummiiiiii......ummi iki lho,kok malah belani guse.nabila khan putri ne ummi sanes gus jalal .
Lalu kyai hamam pun ,mengalihkan pembicaraan,untuk mencairkan suasana.
gus umam,teng pondok e jenengan mriko apa ya sama saja dengan di sini.kalau ro'an apa ya hari jum'at gus .
injih yai,sami mawon.cuma kejadian habis ro'an yg paling lucu ituuuuu....(gus jalal melirik gus umam dengan agak tajam.seakan akan ingin menyetop kata2 gus umam).
Paling berkesan itu ya ro'an pas gus jalal masih mondok di situ.jadi,waktu ro'an .gus jalal di utus abah . Jadi gak bisa ikut ro'an.dan siangnya .....kira2 1 jam an setelah sholat jum'at.dan santri2 juga lagi leyeh2 di aula santri.tiba2 gus jalal masuk membawa timba besar2 yg isinya potongan2 buah apel yang sudah di kupas,bersih dan juga sudah di kasih es.
Lalu guse iki matur,wes iki apel gratis.jum'at mubarok.udah gak usah kwatir.monggo kang2 santri.ada kalo 5 buah timba besar2 langsung habis yi.lalu setelah semuanya bubar, aku tanya sama guse niki.apa itu tadi buah yg beli abah atau apa.
Tanpa rasa berdosa ,guse bilang itu apel yg tadi mau di buang sama pedagang2 buah gus.soalnya beberapa bagiannya ada yg bunyik,atau busuk sedikit2 di beberapa bagiannya.lha apa boleh tak bawa pulang.lalu pedagang buahpun tanya,buat apa kang. ???? Yo tak jawab,ajenge tak gowo teng pondok nggo pakan wedus.
ha ha ha.wes mboh mboh kok gus jalal niki yi yi.ucap gus umam mengahiri ceritanya dengan tawa.
Gus jalal,masak ya setega itu sama temen2 santrinya.apa ya pantas,seorang gus seperti itu.panjenengan itu gus lho,kalo mau shodaqoh ya harus barang yg terbaik.jangan , barang2 yg udah gak layak atau yg sudah di buang.terus jenengan ambil buat shodaqoh.ucap neng nabila yg mulai melembut.
Injih neng nabila,tapiiiii...
Ya kalo bisa mbok gak usah nakal.gak usah dableg.masak wong mondok kok cuma dapat nakalnya saja tho gus jalal.ucap neng nabila.
Injih neng nabila ,sebenernyaaaa...
Ya memang ,itu sudah harus di rubah dari sekarang tho gus .belajar bersikap lebih dewasa.dan juga harus belajar bertanggung jawab .bersikap bijak gus,masak hidup yo mung arep ngona ngono terus.
Subhanallooooooooooh,sekarang saya mengerti.kata gus jalal...mengerti dengan apa yg sudah di sampaikan oleh neng nabila ? Tanya gus umam
Bukaaaan..
Tetapi mengerti kenapa kanjeng nabi adam kok sampai makan buah khuldi.

Comments

Popular posts from this blog

sebuah cerita lucu

*MEREKA YANG MELAYANI “NAFSU” ORANG DEWASA*

KETIKA SEORANG GUS KETIKUNG CINTA

KARYA INOVATIF GURU